Biggest Accident

Kecelakaan Platform Terbesar di DuniaPiper Alpha Platform

Nama: Piper Alpha Platform
Tanggal: 06 Jul 1988
Lokasi: Block 15, UK Continental Shelf
Operator: Occidental
Korban: 167

Nama :Ladang gas Piper ditemukan pada Januari 1973 oleh Perusahaan Occidental, dan platform Piper Alpha mulai beroperasi tahun 1976. Terletak sekitar 120 mil dari timur Aberdeen, platform ini memulai produksi minyak mentah. Pada akhir 1980-an fasilitas ditambah untuk produksi gas. Pipa bawah laut bersamaan dgn platform claymore m

Sejarah

Ladang gas Piper ditemukan pada Januari 1973 oleh Perusahaan Occidental, dan platform Piper Alpha mulai beroperasi tahun 1976. Terletak sekitar 120 mil dari timur Aberdeen, platform ini memulai produksi minyak mentah. Pada akhir 1980-an fasilitas ditambah untuk produksi gas. Pipa bawah laut bersamaan dgn platform claymore menyalurkan gas ke terminal Flotta (Pulau Orkney). Piper Alpha mempunyai 4 riser transport yaitu, 3 gas riser dan 1 oil riser.

Ledakan dan Kebakaran

06 July 1988, pekerjaan dimulai pada satu dari pompa kondensat, dimana digunakan untuk mengkompresi gas sebelum dikirim ke Flotta. Safety valve pada kompresor dilepas dan dikirim untuk kalibrasi dan sertifikasi ulang dan 2 blind-flange dipasang pada jaringan pipa tersebut. Kru tersebut telah selesai untuk pengerjaanya.

Sore harinya, pompa B tidak bisa digunakan dan kru memutuskan agar pompa A digunakan kembali. Ketika pompa beroperasi, kondensat gas bocor di antara 2 blind flange yang kemudian terbakar dan meledak menyebabkan kebakaran dan kerusakan pada lokasi lain dan menumpahkan lebih banyak gas dan minyak. 20 menit kemudian, riser terbakar diikuti ledakan kedua dan api besar. 50 menit kemudian riser gas kedua meledak diikuti ledakan lain dan merobohkan struktur secara signifikan.

167 orang tewas akibat ledakan dan kebakaran pada platform ini, termasuk pula 2 kru penyelamat. 62 orang selamat, kebanyakan karena melompat dan terjun ke laut dari ketinggian. Pada masa 1988 s/d 1990, pihak berwenang mengeluarkan penyebab dari tragedi ini dan memberikan 106 rekomendasi keselamatan operasi offshore.

Beberapa penyebab yang memperparah kecelakaan tersebut:

1) Tiadanya komunikasi yang jelas di antara sesama kru

2) Tidak terdapat pengkajian ulang dan up grade thd fire wall dan blast wall akibat dari konversi fungsi platform

3) Suplai gas dan minyak yg kontinu memperparah keadaan, hal ini akibat tdk adanya kebijakan yg jelas apabila terjadi hal yg demikian.

Sources:

Scottish Courts: Opinion of Lord Caplan
Wikipedia: Piper Alpha




%d bloggers like this: