Fenomena VIV

VIV (Vortex Induced Vibration) adalah pergerakan acak akibat turbulensi aliran yang disebabkan perbedaan tekanan. Contoh sederhana dari fenomena ini adalah aliran di belakang pipa, kita dapat mencobanya dgn memasukkan silinder ke dalam air kemudian menariknya tegak lurus terhadap sumbu vertikal, disitu akan terasa bahwa silinder akan bergerak ke atas dan ke bawah tak beraturan. Fenomena ini terjadi pada berbagai disiplin ilmu, mulai dari kabel s/d heat exchanger tube dan riser, umblical dan pipeline (subsea). Berikut contoh pembentukan vortex:

vortex

Suatu pemodelan melalui komputer memudahkan kita dalam mengetahui prilaku benda terhadapa suatu aliran fluida. Berikut adalah contoh vortex karman yang terjadi di belakang silinder. Pemodelan ini sering disebut juga dengan CFD (Computational Fluid Dynamics).

genesis_hull_travels_by_corpus_christi

Seperti nampak pada gamba diatas (Genesis Monospar), VIV sendiri akan mempengaruhi semua tahap dari perkembangan struktur lepas pantai (Konsep, desain, analisa, konstruksi dan monitoring) dan mengatur susunan dari riser, detail fabrikasi, metode instalasi dan instrumentasi. Studi VIV merupakan bagian dari multi disiplin seperti mekanika fluida, dinamika struktur, vibrasi, CFD, akustik, statistik dan material.

Info lebih lengkap ada di:

http://en.wikipedia.org/wiki/Vortex_induced_vibration

 http://www2.icfd.co.jp/





%d bloggers like this: