Geomembran (Geomembrane)

Geomembrane

 

Termasuk golongan impermeable geosintetik yg umumnya terbuat dr HDPE (High Density Polyethylene) sejenis polymer dgn ketebalan rata2 1 mm atau lbh. Selain itu, GCL (Geosynthetic Clay Liner) juga merupakan geosintetik jenis impermeable dgn fungsi yg sama dgn geomembran yaitu lining/sealing. Yg membedakan 2 material ini adalah komposisi, karakteristik fisik (koefisien permeabilitas, berat jenis, dll) dan jenis desain infrastruktur. Kelebihan geomembran sendiri adalah:

  1. Tahan thdp larutan kimia (eg.H2SO4)
  2. Daya tahan thdp elongasi/kemuluran akibat deformasi tanah dasar
  3. Tahan thdp retak/pecah dan anti-UV
  4. Index leleh yg relatif tinggi
  5. Dapat dikombinasikan dgn berbagai desain struktur

 
project lining waste pond

 

Aplikasi geomembran dan GCL sangat luas, meliputi:

  1. Dyke/ Embankment/ tanggul
  2. Pipeline/trench seal
  3. Penampungan/Kolam air/ bahan kimia
  4. Landfill / TPA (Tempat Penampungan Air)
  5. Dam/ Reservoir/ bendungan/ waduk

project-lining-waste-pond-detail

Namun demikian, geomembran juga rentan terhadap kerusakan fisik akibat penetrasi benda tajam spt batu/ kerikil, api dan kesalahan instalasi/ perawatan akibat alat berat (Stamper, compactor, dll). Kerusakan ini dpt menimbulkan lubang atau sobek pada bagian2 tertentu dmn lbh dr 75 % diakibatkan oleh tekanan material diatasnya Hal ini dpt diatasi dgn pemberian lapisan pelindung yg sesuai (Tebal, tambahan plat, dll).

Hasil laboratorium menunjukkan bahwa kombinasi desain dgn timbunan material pelindung berupa pasir, gravel, thin plat dan geotekstil memberikan deformasi yg krg dr 0,25% dari regangan. Ini berarti dapat diterapkan dgn syarat desain tsb dilakukan dgn metode konstruksi yg baik. Cara lain yg dpt digunakan adalah dgn menambahkan ban2 bekas yg diisi pasir/ agregat lainnya shg dpt selain mencegah kerusakan pd membran jg menahan material keluar dari slope/ talud.

Umur layan dr material ini jg sgt dipengaruhi oleh proses pembuatan dan komposisi materialnya. Suatu geomembran yg memenuhi tes beban ASTM D 5397 diperkirakan secara ekstrapolasi akan berumur 1000 tahun pada suhu 200 C.

bubble-test

Gambar diatas adalah uji gelembung pada sambungan las (welding) pada geomembran overlap. Sangat penting diperhatikan bahwa pada Proyek Lining System pada TPA/ penampungan sampah (Landfill), tidak akan mungkin dilakukan suatu perbaikan pada membran yg sdh terpasang. Karena itu, personel yg berpengalaman, desain, instalasi, dan material yg tepat merupakan kunci keberhasilan project lining dan solusi alami yg tepat.

(CJP-151208)




%d bloggers like this: