Sanur Beach

Joint OperationSeusai keluar dari Ngurah Rai Airport, suasana pantai lgsg menyambut kehadiran pengunjung yg ada di Bali. Saya datang kesini untuk melakukan survey, pada bulan Juni kmrn. Tempat penginapan ada di Hotel Gazebo, sangat nyaman dan tenang. Di belakang hotel terdapat pantai Sanur yg indah, disinilah sy bisa melihat sunset. Ya, pantai ini telah direhabilitasi untuk kepentingan pariwisata. Berikut susunan organisasi proyek rehabilitasi Pantai Sanur:

picture62

  • Pemilik : Pemerintah Indonesia melalui PU dgn bantungan keuangan dr Pemerintah Jepang
  • Keuangan : JBIC (Japan Bank for International Cooperation)
  • Konsultan : Nippon KOEI
  • Kontraktor : Penta – Waskita
  • Desain : Groin dengan boulder armour dan gravel core

Konvensional struktur ini dapat diterapkan pada tipikal pantai dengan gelombang signifikan yg relatif rendah. Bila akan diterapkan pada pantai lepas seperti pada pantai selatan Jawa akan butuh kajian ulang terhadap desain. Bila anda memperhatikan boulder yg terpasang seperti gambar berikut:

picture63maka terlihat core material mulai keluar dari armor’nya. Akan lebih baik bila gradasi material diperhatikan pada saat pelaksanaan konstruksi. Penggunaan geosintetik pada lapisan intermediate antara armour dan second layer akan menambah reliabilitas struktur ini. Fungsi ini akan penting dalam rangka rehabilitasi infrastruktur jangka panjang.

(CJP-231108)




%d bloggers like this: