Simulasi Struktur 3-D

6 12 2008

Setelah lama ga bermain dgn program finite element buat analisa struktur, akhirnya pakai jg. Ya, tentu bagi engineer struktur penting untuk mengetahui prilaku struktur terutama klo uda ga statis tertentu. Struktur spt ini uda rumit dan perlu di modelkan demi mendapatkan defleksi aktual, stress ratio, diagram tegangan, regangan, geser/shear, momen/bending, dsb. Cakupan struktur yg diperoleh bergantung pd kemampuan si program sendiri, pd umumnya tiap progam mempunyai spesifikasi penggunaan dan spesialisasi masing2. Anda bisa mencoba untuk yg versi trial atau bahkan berniat u/ membuka konsultan engineering (cukup dgn 20,000 $ US).

Tahap awal memulai simulasi analisa struktur adalah

  1. Penentuan & Pembuatan Grid, Unit & Geometri
  2. Penentuan material, frame section (Penampang bahan)
  3. Definisi beban, case, desain code dan kombinasi beban
  4. Pembuatan struktur (bisa diambil/diimport dari cad dan sejenisnya) dan perletakan
  5. Pemberian beban
  6. Output (Defleksi, tegangan geser, bending, rasio tegangan, dll)

DefinisiGambar di atas mrpkn definisi awal suatu struktur lengkap dgn beam dan kolom, sebenarnya msh berkaitan dgn prosedur u/ tes beban pd padeye & monorail, cuman sy cut. Tujuan simulasi ini sendiri adalah u/ memastikan bahwa padeye. monorail. beam, kolom sebelum diuji adalah cukup aman, sesuai rekomendasi code dan standar lainnya. Sebenarnya perhitungan jg di cross check dengan metoda empiris, apakah beam tsb mampu spt misalnya u/ kantilever maka defleksi yg diijinkan tdk lbh dari l/240 dan u/ beam di atas 2 tumpuan tdk lbh dr l/360 (AISC 9th). Untuk kantilever murni, mk  

  • y (defleksi) = PL^3/3EI
  • P = Gaya
  • L = Panjang Beam
  • E = Modulus Elastisitas
  • I = Inertia

Sedang beam tipe 2 perletakan jepit

  • y = PL^3/192EI

penentuanKembali ke simulasi 3D, Gambar yg ini merupakan penentuan karakteristik beam sesuai penampang, mutu (Elastisitas dan Kuat Tarik Material), Perletakan. Anda jg perlu memastikan bahwa beam terpasang sesuai dgn aktual desain dan penentuan beban mati / hidup  telah benar. Yakinkan jg bahwa beban tidak terduplikasi sebelum di run. Apabila anda sdh memberikan beban mati pada semua beam maka tidak perlu diberikan lg beban gravity, begitu jg dengan beban hidup.

defleksi1

Dari gambar telah ditunjukkan besar defleksi berdasarkan model yg telah dibuat. Harus dipastikan bahwa kombinasi beban yg diberikan sesuai dgn yg diinginkan (Apabila ingin mencari defleksi maks. maka pastikan combo yg digunakan yg paling besar). Nampak bahwa di model dengan beban 3000 kg maka diberikan defleksi kombinasi maksimum 7 cm. Selain itu rasio tegangan dapat diperoleh seharga 0.036 artinya beam tidak mengalami over stress.

stress-ratio(CJP-061208)


Actions

Information




%d bloggers like this: